Gambar diambil dari Piqsels

Pekerjaan di kantor yang suka bikin stres atau masalah keluarga yang terkadang bikin sakit kepala sering kali membuat seseorang tidak waras, atau bahasa kekiniannya ‘kena mental’. Punya teman yang humoris atau suka bercanda bisa menjadi hiburan karena biasanya kehadiran mereka saja sudah menyenangkan.

Tapi, bagaimana ya kalau kita ingin bicara serius sama mereka? Bagaimana caranya supaya mereka tahu kalau kita sedang tidak ingin diajak bercanda? Yuk, simak beberapa tips yang bisa kita lakukan agar sukses berbicara serius dengan mereka yang suka bercanda.

Dikutip dari Instagram post @santidjiwandonoinc_official, hal pertama yang bisa kita lakukan adalah jangan lupa untuk menyampaikan konteks “seberapa serius” sebuah perbincangan. Terlalu biasa ngobrol santai dengan tidak pakai intro dan penekanan tertentu terkadang membuat kita tidak sadar bahwa yang ingin disampaikan adalah hal yang serius. Kalau sudah begini, jangan harap lawan bicara kita akan menanggapinya dengan serius. Oleh karena itu, sebaiknya memberikan intro terlebih dahulu yang memberitahukan bahwa kita ingin berbicara serius.

Yang kedua adalah komunikasi selalu memerlukan kejelasan. Jangan lupa dan jangan ragu untuk menyampaikan maksud kita dengan jelas, termasuk rasa keberatan terhadap sikap lawan bicara yang berlebihan bercandanya. Sering kali kita merasa tidak enak atau enggan menegur mereka karena tidak mau membuat situasi menjadi tidak enak. Tapi, hal ini penting dilakukan agar hal serius yang ingin kita bicarakan bisa tersampaikan dengan baik. Lihat reaksi mereka setelahnya. Kabar baik sekali jika mereka bisa berubah, tapi misalnya tetap sama saja, kita bisa move on atau atur strategi/pendekatan baru.

Itulah beberapa tips agar berhasil berkomunikasi serius dengan si humoris. Semoga bermanfaat dan jangan ragu diterapkan, ya!

Sumber: https://www.instagram.com/p/CNcrTfqpzFv/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>