Gambar diambil dari Wikimedia

Seiring kembali melonjaknya kasus Covid-19 di Indonesia, masyarakat pun kembali dibombardir dengan berbagai informasi tentang Covid-19 di internet dan media sosial. Namun sayangnya, masyarakat masih seringkali dihadapkan dengan informasi yang salah atau bahkan palsu yang bisa menambah kekhawatiran atau ketakutan bagi siapa saja yang langsung menelan informasi tersebut bulat-bulat.

Bagi kalian yang ingin membagikan informasi tentang Covid-19 di media sosial, yuk cek dulu beberapa tips berikut ini agar apa yang kalian bagikan menjadi manfaat bagi yang membacanya.

  • Lakukan double check

Sebelum membagikan suatu informasi ada baiknya untuk memeriksa kembali keabsahan informasi tersebut dengan mengetahui sumbernya, latar belakang penulis, dan tanggal pembuatan informasi. Selain itu, penting juga untuk melakukan verifikasi bukti pendukung dengan mencari nama ahli dan memeriksa tautannya.

  • Gunakan bahasa sederhana

Ketahui siapa target dari informasi yang akan kalian sebar. Jika mereka masyarakat awam, gunakanlah bahasa sederhana yang mudah dimengerti. Lebih baik lagi jika ditambahkan contoh visual agar pesan dari informasi tersebut semakin tersampaikan dengan baik.

  • Gunakan tonasi yang tepat

Di saat-saat seperti ini, suatu informasi bisa menjadi penyebab stres bagi sebagian orang. Bukannya tercerahkan, informasi tersebut malah membuat orang takut, cemas, dan tidak bisa tidur. Oleh karena itu, pilihlah tonasi yang netral atau lebih baik lagi tonasi yang positif. Hindari keinginan untuk sengaja menakut-nakuti.

  • Hindari provokasi

Jika kalian tidak sependapat atau tidak setuju dengan suatu informasi, hindari menuliskan atau membagikan informasi yang bersifat memprovokasi yang bisa menimbulkan perdebatan atau kebencian. Ingat, jejak digital akan selalu ada dan bisa menjadi bumerang bagi kalian suatu saat.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda pertimbangkan sebelum membagikan informasi tentang Covid-19. Semoga bermanfaat dan kita bisa labih bijak lagi dalam membagikan sebuah informasi. Stay safe, stay healthy!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>