Gambar diambil dari https://psycatgames.com/

Komunikasi adalah elemen penting dalam bekerja di dalam tim. Tanpa komunikasi yang baik, banyak masalah dapat muncul. Mulai performa yang kurang optimal, pekerjaan yang terbengkalai, hingga bisa merusak relasi personal di antara anggota tim.

Untuk itu, penting bagi kita yang bekerja di dalam tim untuk terus meningkatkan kualitas komunikasi di antara rekan setim. Caranya tentu bisa bermacam-macam. Mulai dari cara yang formal dan serius seperti menyewa jasa ahli komunikasi, hingga yang menyenangkan seperti melakukan proses bonding melalui aktivitas seperti berlibur bersama atau bermain games seru.

Proses bonding melalui games adalah cara meningkatkan kualitas komunikasi yang efektif dan menyenangkan. Karena suasananya menyenangkan, hambatan formalitas yang biasanya membekukan komunikasi di antara individu dapat mencair. Selain itu, dengan memainkan games yang tepat, tujuan awal kita untuk membangun komunikasi yang lebih baik di antara rekan kerja dapat tercapai dengan mudah.

Oleh karena itu kita sebaiknya memilih games yang tidak sekedar fun untuk dimainkan, tetapi juga dapat mengasah kemampuan komunikasi, mencairkan tembok formalitas, dan mengandung pelajaran yang dapat dipetik oleh semua peserta.

Namun perlu diperhatikan bahwa jangan sampai proses bonding melalui games itu justru menjadi sumber konflik baru. Ini karena salah satu elemen yang tidak terpisahkan dari games atau permainan adalah kompetisi. Di dalam setiap permainan pasti ada yang menang dan kalah. Untuk itu kita perlu terus mengingatkan bahwa tujuan awal dari melakukan aktivitas tersebut adalah baik, yakni meningkatkan kualitas komunikasi di dalam tim.

Bingung menentukan games yang cocok untuk tim Anda? Link berikut bisa menjadi referensi ide menarik:

https://www.wrike.com/blog/team-building-games/ 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>